Media Pembelajaran Tik
Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu dan Pendidikan Surya
Nama : Miletus Wenda
Nim : 11010310037
Pada kesempatan ini
saya akan menjelaskan tentang Email mulai dari sejarah email sampai
manfaatnya serta cara mendaftar akun email baru
A. Sejarah Email
Surat elektronik
sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum
terbentuk,yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai
jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray
Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray
Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik
lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah
program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan
pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer
itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan
eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET
sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain
yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah
‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan
merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada
tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail
untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti
“at” atau “pada”.
B. Pengertian
Email
Surat elektronik
(disingkat surat-e) atau pos elektronik atau nama umumnya dalam
bahasa Inggris “e-mail atau email” adalah sarana kirim mengirim
surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim
perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat
elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar
sambungan Internet.
C. Kegunaan Email
Email adalah
singkatan dari Electronic Mail yang artinya adalah surat elektronik.
Email Email adalah singkatan dari Electronic Mail yang artinya adalah
surat elektronik. Email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim surat
atau pesan melalui jaringan Internet. Dengan menggunakan Email, kita
hanya membutuhkan waktu sebentar agar dokumen yang dikirimkan sampai
ke tujuan, dan tidak perlu menunggu berhari-hari seperti halnya
mengirim dokumen biasa melalui kantor jasa pengiriman surat/dokumen
(pos).
D. Manfaat Email
Manfaat
dan kegunaan email bagi setiap orang berbeda-beda atau relatif. Di
era informasi ini akun email
atau biasa kita sebut email, sangat penting bagi seorang pengguna
internet Tanpa email tak bisa berbuat apa-apa. Email adalah pusat
aktifitas pengguna internet. Segala sesuatu layanan online
di internet meminta alamat email.
Berikut ini adalah
beberapa manfaat dan kegunaan email yang sering digunakan:
1. Media pengiriman
surat/dokumen.
Bagi para pelajar,
email sangat diperlukan untuk pengiriman tugas-tugas sekolah. Melalui
email para pelajar dan dapat mengumpulkan tugas-tugasnya ke email
guru. Banyak guru, dan siswa saat ini menggunakan email sebagai media
pengumpulan tugas. Siswa mengirimkan tugas-tugas atau pekerjaan yang
ditugaskan guru melalui email guru. Email menjadi media pengiriman
dokumen portofolio siswa. Guru pun menjadi lebih mudah dalam
mendokumentasikan pekerjaan siswa melalui email.
2.
Manfaat Email
Bagi Mahasiswa
Dengan adanya
fasilitas teknologi informasi di kampus, mahasiswa akan mendapat
kemudahan mendapatkan informasi dengan waktu yang singkat serta
kemudahan melaksanakan tugas-tugas kuliah. Aplikasi teknologi
informasi mempermudah proses perkuliahan dan mampu memberikan akses
global. Untuk mahasiswa misalnya penerimaan materi perkuliahan
menjadi lebih fleksibel dan bervariasi sehingga tidak membosankan.
Mahasiswa selanjutnya dtuntut menjadi pembelajar yang aktif tidak
bergantung pada materi di dalam kelas namun di luar kelas juga bisa
menggali melalui internet
Pesan email tidak
hanya berupa tulisan tetapi dapat disertai dngan file gambar, suara,
animasi, dan lain-lain. Selain itu, email dapat dikirimkan kepada
ratusan orang hanya dalam satu kali pengiriman. Makanya, email ini
menjadi penting untuk komunikasi dalam zaman modern ini, dan terutama
bagi para mahasiswa. E-mail fungsi dasarnya adalah untuk komunikasi
jarak jauh. Bedanya dengan metode komunikasi lain, dengan email kita
bisa mengirim gambar, foto, video, atau dokumen dengan cepat dan
mudah. Sementara itu, penggunaan email dalam konten pendidikan antara
lain diimplementasikan dalam pembuatan materi pembelajaran dan
penyampaian materi sehingga mahasiswa dapat langsung mendapatkan
materi kuliah dengan cara mendownloadnya.
C. Kelebihan
Penggunaan Email
a. Nyaman
Untuk mengirim surat
tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang
terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan.
Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi
mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya
dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia
manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan
penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau
interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita
tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer
untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang
tidak sedikit mengeluarkan biaya.
D. Kelemahan
Penggunaan Email
b. Salah kirim
Bila sebuah e-mail
yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada
kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Ada kemungkinan
e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan hati-hati
untuk dalam mengirimkan pesan rahasia.
E. Membuat Email
Baru
Langsung saja kita
ke pokok pembahasan, untuk cara membuat Email di gmail, silahkan
ikuti langkah-langkah simple berikut ini...
1. Langkah pertama
- Klik buat akun di bawah form login.
Tampilan seperti
gambar berikut ini!
2. Langkah kedua
Kita
akan masuk ke halaman pengisian data, silahkan isi formulir
pendaftaran sesuai data pribadi kita..
- Nama : Isi dengan nama depan dan nama belakang anda.
- Pilih nama pengguna anda : Isikan alamat email yang anda inginkan (nama email harus belum digunakan orang lain).
- Buat sandi : Isi dengan password yang anda ingikan.
- Konfirmasi sandi anda : Masukkan ulang password anda.
- Tanggal lahir : Silahkan isi dengan tanggal lahir anda.
- Gender : Pilih jenis kelamin anda.
- Ponsel : Isikan dengan nomor telepon anda.
- Alamat email anda saat ini : Masukkan alamat email lain (masukkan jika ada). Bisa anda kosongi.
- Lokasi : Isi dengan lokasi negara tempat anda tinggal.
- Centang dua persyaratan dari google tersebut...
- Klik tombol LANGKAH BERIKUTNYA.

Setelah kita mengisi
formulir pendaftaran, anda akan dibawa ke halaman verifikasi akun,
klik Lanjutkan..
3. Langkah ketiga klik buat profil anda
4. Langkah keempat klik
selanjutnya ke gmail
5. Langkah kelima klik
buka gmail
Kita akan langsung
dibawa ke halaman muka Gmail. Google akan langsung memberikan pesan
ke inbox email anda.
Tampilan seperti gambar berikut ini
Setelah membuat
email saya akan menjelaskan manfaat dari email selain manfaat yang
tadi saya jelaskan sebelumnya.
GOOGLE DRIVE
Hampir setiap orang
yang pernah menggunakan komputer, pernah mengalami hal yang sama
yakni kehilangan File penting, apakah file pekerjaan kantor, tugas
sekolah, ketikan skripsi, foto, atau lagu baru hasil
rekaman yang dibuat bersama-sama teman.
Hilangnya data ini
pun disebabkan berbagai macam hal, dimulai dari hilangnya flash disk
tempat data disimpan, Laptop/komputer mati total, CD raib entah
kemana, ataupun tidak sengaja terformat dan terhapus. Apalagi jika
data-data tadi sangat kita perlukan, misalkan besok harus presentase,
harus seminar, harus di berikan kepada atasan, dll. Kalau sudah
begitu, kepala ini rasanya pasti sakit
Sebaiknya jika kita
ingin agar file tetap aman, simpanlah file-file tersebut ke beberapa
tempat, apakah Flash disk, Laptop, CD/DVD, dan Internet. Nah, untuk
yang terakhir ini, ada beberapa tempat penyimpanan file yang
diberikan gratis oleh penyedia jasa internet, salah satunya adalah
GOOGLE DRIVE. Dengan account google ini kita mendapatkan 5 GB
gratis tempat menyimpan data, gratis.
Keuntungan dari GOOGLE DRIVE
Keuntungan menyimpan
pada drive ini adalah, kita dapat membuka file dimanapun berada,
dengan syarat harus ada jaringan internet, karena file ini berada di
dunia maya, untuk menyimpannya kita hanya perlu membuat alamat email
kita menggunakan Gmail.
Langsung saja kita menuju langkah penyimpanan file menggunakan google drive
Langsung saja kita menuju langkah penyimpanan file menggunakan google drive
1. Buka browser kemudian ketik google
2. Kalau sudah punya
akun gmail langsung saja masuk pada sudut kanan gambar disamping kanan anda.
3. Kemnudian kalau sudah masuk pilih DRIVE seperti gambar disamping kanan anda lalu klik Drive. kalau sudah tampilan seperti gambar di bawa ini
4. Kemudian klik
Baru di samping kiri anda
5. Setelah itu akan
muncul kotak dialog untuk mengunggah file yang akan kita ingin simpan pada
google drive.
6. Kalau file sudah dipilih, kemudiak "ok" maka data-data yang kita ingin masukan akan masuk
7. Selesai... Kamu
sudah berhasil menyimpan data pada Google Drive
Demikianlah cara
menggunakan google drive, kamu bisa menyimpan apapun, dan dimanapun,
tanpa takut akan kehilangan data. Yang perlu diingat adalah alamat
Email kita, beserta passwordnya untuk bisa masuk ke google drive
kita.
Untuk pencegahan agar data penting kamu tidak hilang, selalu simpanlah data-data tersebut di berbagai tempat. Jadi kalau hilang masih ada penggantinya. Lebih baik menjaga data-data kita agar tetap aman.
Semoga data-data kita tidak hilang lagi ya teman-teman... Demikianlah
Untuk pencegahan agar data penting kamu tidak hilang, selalu simpanlah data-data tersebut di berbagai tempat. Jadi kalau hilang masih ada penggantinya. Lebih baik menjaga data-data kita agar tetap aman.
Semoga data-data kita tidak hilang lagi ya teman-teman... Demikianlah
Sekian
dan terima kasih!
Referensi
1. http://0822067.blogspot.com/2010/06/pengertian-email-kelebihan-dan.html
2. http://rovisulistiono.blogspot.com/2013/04/manfaat-dan-kegunaan-email.html
3.https://miranirahma.wordpress.com/2014/10/07/apa-itu-google-drive-apa-saja- fungsi-dan-kegunaan-nya-dan-bagaimana-cara-menggunakan-google-drive-mari-belajar-bersama/
Referensi
1. http://0822067.blogspot.com/2010/06/pengertian-email-kelebihan-dan.html
2. http://rovisulistiono.blogspot.com/2013/04/manfaat-dan-kegunaan-email.html
3.https://miranirahma.wordpress.com/2014/10/07/apa-itu-google-drive-apa-saja- fungsi-dan-kegunaan-nya-dan-bagaimana-cara-menggunakan-google-drive-mari-belajar-bersama/
Dear miles wenda
TUHAN Mengulurkan tangannya mereka yang berusaha meskipun situasi semakin sulit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar